THIS IS ME

THIS IS ME

Minggu, 08 Oktober 2017

Indie and Goldie; Daftar Album Standing Egg Terlengkap (Beserta Komentar)

Holla holla(?) Balik lagi dengan artikel seputar musik indie, salah satu genre musik favoriteku yang gak ada matinya (lebay). Kali ini aku akan membahas Standing Egg. Kayaknya aku udah pernah mention band indie ini di salah satu artikelku dan aku dengan pedenya ngomong kalo Standing Egg adalah salah satu band K-Indie favoriteku! Yup! Gak salah lagi! Kenapa aku tertarik banget ama band yang satu ini? Selain karena lagunya yang catchy dan easy-listening (aku suka banget lagu folk, akustik dan sejenisnya, dan lagu lagu mereka kebanyakan folk, akustik, dan bahkan jazz, FAV!), juga karena suara vocalistnya yang merdunya kebangetan! (vocalistnya beda beda). Bukan hanya itu, band ini juga termasuk unik gais, gimana enggak, mereka yang beranggotakan tiga personil ini hanya menamai diri mereka Egg 1, Egg 2, Egg 3, dan gak ada yang tau nama asli mereka, mereka pure composer (kecuali Egg 2 yang katanya megang vokal juga) karena gak ada yang ngisi vocalist (kecuali Egg 2, ada yang bilang identitas Egg 2 adalah Clover itu sendiri, tapi gak tau deh coz identitas mereka begitu misterius lol macam DJ Marshmallow gitu lol XD) maka mereka merekrut beberapa penyanyi indie yang bakal menyanyikan lagu mereka. Nah, mereka biasanya berkolaborasi dengan penyanyi indie seperti Clover (vocal, gitar), Lee Han Kyul (double bass, elektrik bass), Song Hana (djembe, perkusi), Windy (vocal), Lee Yeseul (vocal), dan Lee Yeni (keyboard), bahkan pernah kolab ama Park Shin Hye juga! Yang paling membanggakan dari mereka adalah, mereka bisa masuk chart rank hanya dengan mempromosikan karya mereka (firstly) melalui Twitter! Jadi gini, awalnya, tahun 2010, katanya mereka promosi lewat Twitter dan dengan maksud bercanda meminta salah satu followernya untuk membuatkan video klip buat lagu mereka, dan si follower baek ini setuju. Dan disitulah karir Standing Egg bersinar. Album pertama mereka masuk peringkat satu Melon Indie Music Charts yang katanya sepadan dengan Billboard Charts Amerika! Bener bener proudable! Kalo kalian searching tentang mereka, infonya masih sangat minim, malah kebanyakan yang berbahasa inggris, like non-everyone-taste gitu dan itu yang membuatku makin jatuh cinta dengan band ini (sebagai penyuka musik non-mainstream, halaah) XD. Daripada bacotku tambah panjang, mending disimak aja Daftar Album Standing Egg sejauh ini beserta komenan - komenanku. Check this out!

A. STUDIO ALBUMS

With

​Released: November 25, 2010

Label: Mirrorball Music, Windmill Entertainment

Formats: CD, digital download

Track listing 

1. Saying I Love You

2. La La La

3. Man Theme

4. Hide & Seek

5. Have You Ever Been In Love?

6. Kiss

7. Woman Theme

8. I'll Forget Tomorrow

9. Heartbreaking Words

10. Farewell For You, Not Yet For Me

11. Winter Theme

12. First Christmas

Aku belum denger semua sih, tapi yang paling menarik perhatian emang si La La La ini, gimana enggak, lagu ini yang menjadi Starter Pack mereka dalam memulai karir. But, Farewell For You, Not For Me juga asyik. Ini nih lagu yang kembali di remake dengan menjadikan Park Shin Hye sebagai pengisinya.

Like

Released: April 10, 2012

Label: Von Entertainment, CJ E&M

Formats: CD, digital download

Track listing 

1. Can You Hear Me?

2. Run Away

3. Aloha

4. The Sunlight Hurts

5. Stay Away

6. My First Fan

7. Not Just Two

8. Nevertheless, I Like You

9. Mother

10. Hourglass

Agak shock ngeliat label CJ di atas. Tahu CJ kan, salah satu label yang berpengaruh di dunia industri hiburan Korea. Like wow, CJ ini lho. Di dalam album ini terdapat lagu lounge jazz, meskipun dominan pop indie layaknya musik korea pada umumnya (agak mendekati, mungkin itulah mengapa label CJ ini bergabung, dengan alasan "komersial"). Well, yang paling favorite sih tetep Nevertheless, I Love You, sedikit diatas "musik mainstream Korea" pada umumnya. Saat di dengar, berasa lagi sedang dalam perjalanan, or berpetualang ke suatu tempat. Mungkin ke hatimu XD. Lumayanlah.

Shine

Released: October 4, 2013

Label: Von Entertainment, Sony Music Korea

Formats: CD, digital download

Track listing 

1. Runner's High

2. In My Dream

3. Today, Of All Days

4. Once Again

5. I'm Curious

6. Keep Going

7. Wipe Off The Dust

8. Never Forget You

9. A Celebration Called You

10. An Old Song

11. Dazzling

Album yang katanya paling difavoritin Standing Egg. Katanya mereka suka semua lagu lagu di album ini (meski tentu saja mereka lebih suka the newest ones karena mereka selalu ingin berkembang) Dalam album ini mereka memasukkan musik brit-pop sebagai penyegar. Anyway, yang paling favorit dari daftar di atas masih Once Again, dengan menyusung musik yang manis, cocok banget saat kamu sedang berlarian di suatu taman bunga, sembari menikmati lagu ini lewat earphone, TERASA KLASIK!

Us

Released: December 5, 2014

Label: Von Entertainment, Windmill Entertainment

Formats: CD, digital download

Track listing 

1. You

2. Propose Day

3. Maybe Tomorrow

4. Kiss Me

5. I Can Only Smile

6. Somebody Else

7. She Is Back

8. If The First Snow Falls

9. It's Hanging

10. I'll Hug You

11. Lean On Me

Suka banget dengan lagu lagu di list ini! Serasa adem banget, layaknya membangkitkan memori masa lalu yang indah. Di dalam album ini kalian akan menemukan instrumen semacam violin, drum, dan piano. Paling suka It's Hanging sama She's Back. Serasa sedang berada di dunia monokrom seraya mengenakan hal - hal berbau vintage!

B. SPECIAL ALBUMS

Moment

Released: December 13, 2013

Label: Von Entertainment, Windmill Entertainment

Formats: CD, digital download

Track listing 

1. Comfortable Relationship

2. Saying I Love You

3. Little Star

4. Farewell For You, Not Yet For Me

5. Rest

6. First Christmas

7. Heartbreaking Words

8. Everyday With You

9. Ache

10. An Old Song

12. Hourglass

13. The Sunlight Hurts

Rata rata lagu di album ini bernuansa pelan dan tenang. Ada beberapa lagu yang diambil kembali dari album sebelumnya. Paling suka Ache sih, meskipun orang orang pada prefer ke Little Star, tapi gak bisa ditapik kalau Little Star juga enak. Pas banget buat lagu penghantar tidur.

C. EXTENDED PLAYS

Standing Egg

Released: April 21, 2010

Label: BORN

Formats: CD, digital download

Track listing 

1. Today Is

2. La La La

3. Kiss

Mini album pertama yang dua dari tiga lagunya diambil kembali dari album pertama. Tentu saja lagu Today Is menjadi penyegar di album ini.

Lucky

Released: July 7, 2011

Label: Von Entertainment, Windmill Entertainment

Formats: CD, digital download

Track listing 

1. Juliet

2. Rest

3. I'm Not Yours

4. Little Star

5. Fly

6. Ache

7. He Loves Me

Mini album kedua mereka yang masih mengusung tema akustik. Ada beberapa lagu yang diambil dari album sebelumnya seperti Little Star, Rest dan Ache. Mungkin Standing Egg merasa lagu lagu ini pembawa keberuntungan. Yup! Memang sukses kok.

Ballad With Windy

Released: December 21, 2012

Label: Von Entertainment, Sony BMG

Formats: CD, digital download

Track listing 

1. Comfortable Relationship

2. One Love

3. Stay There

4. Everyday With You

5. A Perfect Day

6. Ache

Tentu saja lagu lagu di album ini bernuansa ballad, terlihat dari judulnya (lol). Seperti para sesepuh bilang, yang favorite emang tetep A Perfect Day.

Ambler

Released: April 16, 2013

Label: Von Entertainment, Windmill Entertainment

Formats: CD, digital download

Track listing 

1. Miss Flower

2. Because Of Different Times

3. Lemon Pie

4. I'm Always Like This

5. Do You Know

Lagu lagu di album ini seolah olah merefleksikan musim semi. Memadukan ballad dan musik ceria, suasana spring-nya terasa hangat. Paling suka Lemon Pie, dengerin lagu ini langsung laper. Kebayang Pie Lemon yang segar, seperti makna lagu ini, unik.

36.5

Released: May 8, 2014

Label: Von Entertainment, Windmill Entertainment

Formats: CD, digital download

Track listing 

1. Blue Sky

2. Yes, You

3. Confession

4. The Light Whispers

5. Dreamer

Masih gak jauh jauh dari musik sebelum sebelumnya, masih enak dan catchy. Aku merasa lagu lagu di album ini sangat bervariasi, ada yang upbeadsoft, bahkan genre yang masih asing di telinga orang Korea seperti Nashville Country yang ala lagu 70-an. Well, agak sulit memilih antara Blue Sky dan Yes, You. Dua lagu dengan perpaduan kata asik dan unik ini menarik perhatianku, meski Confession lah yang masuk charts rank. It's okay, we have our own taste.

Young

Released: May 26, 2015

Label: Von Entertainment, Windmill Entertainment

Formats: CD, digital download

Track listing 

1. Because You're Pretty

2. Crazy

3. Reason

4. What Is It?

5. Starry Night

Ahhhh lagu lagu di album ini kece kece guys! Makin kesini karya karya Standing Egg makin berkembang positif, dan album ini buktinya! Masih mempertahankan gaya akustik mereka, but really, this album is improved much! Karena aku suka banget lagu yang hanya diiringi gitar, maka album ini termasuk salah satu favoriteku, semua lagunya cuma pake gitar! Asik abis! Paling suka Starry Night! Seolah olah aku sedang berada di suatu pondok kayu sambil menatap api di bawah cerobong asap sembari menikmati coklat panas. Terasa hangat saat winter!

Inner

Released: December 7, 2015

Label: Von Entertainment, Windmill Entertainment

Formats: CD, digital download

Track listing 

1. Yell

2. Nobody Knows

3. Miss You

4. Sorry

5. Sleepless

Album dengan predikat tanpa cacat! Semua lagunya keren dan kece abis! Gak ada yang bisa aku kritik dari album ini, perfect! Aku men-judge lagu ini sebagai album terkeren mereka sepanjang masa (lol). Bener, masalah selera sih, dan lagu lagu di album ini bener bener GUE BANGET. Paling favorite dari sekian judul adalah "Yell". Aku suka bagaimana nada - nadanya bermain, dengan ending yang klimaks! Boom! Selain "Yell" aku juga tertarik dengan "Nobody Knows". Musiknya enak banget, nagih. Ah, sulit untuk memilih lagu terfavorite di album ini. Semuanya SELERA aku.

Voice

Released: November 11, 2016

Label: Von Entertainment, LOEN Entertainment

Formats: CD, digital download

Track listing 

1. So High

2. Voice

3. Second Lover

4. Sad Name

6. Nothing But Sunlight

Ini nih album terbaru mereka guys, meski udah lewat setahun, tapi tetep aja para Standing Egg lovers masih hype dengan lagu lagu di album ini dan aku bisa men-cap album ini sabagai bagian terkeren dari koleksi buatan mereka. Lagu yang paling aku suka dari album ini tentu saja VOICE! Irama, lirik, dan suara vokalisnya bersatu padu dengan epik! Terlalu merdu! Aku ampe merinding pada beberapa part. Gila, salah satu yang terkeren dari Standing Egg, mereka mampu membuat musik yang begitu menyentuh, dengan lirik yang drrrr, gila.

D. SINGLES

1. La La La

2. Saying I Love You

3. Kiss

4. "Have You Ever Been In Love?" with Ra.D

5. Heartbreaking Words

6. "Fly" with Clover

7. "Ache" with Windy

8. One Love

9. "Comfortable Relationship" with Windy

10. Stay There

11. "Not Just Two" with Christina Love Lee

12. Keep Going

13. An Old Song

14. "A Perfect Day" with Windy

15. "Everyday With You" with Windy

16. Because Of Different Times

17. Miss Flower

18. "Once Again" with Han So-hyun

19. Today, Of All Days

20. "Farewell For You, Not Yet For Me" with Park Shin-hye

21. Rest

22. Confession

23. "Lean On Me" feat. Park Se-young

24. Yes, You

25. She Is Back

26. It's Hanging

27. Kiss Me

28. I Can Only Smile

29. "The Sunlight Hurts" feat. Wheein of Mamamoo and Yundak of OBroject

30. Starry Night

31. Crazy

32. Because You're Pretty

33. Miss You

34. Yell

35. Nobody Knows

36. "Rainbow" feat. Yundak of OBroject

37. Drip Drip Drip (Dripping)

38. Summer Night You And I

39. Voice

40. First Love

41. Cuz It's You

Ada beberapa lagu single di atas yang sudah dimasukkan ke dalam album mereka. Tetapi yang non-album song paling favorite sejauh ini Drip Drip Drip (Dripping), suara Yeseul bener bener manis kemudian berpadu dengan segala keindahan musik lagu ini. Masterpiece! Layaknya drugs!

E. COLLABORATIONS

"Shall We Dance" Park Se-young feat. Standing Egg

F. SOUNDTRACK APPEARANCES

1. "I'll Pick You Up" Weightlifting Fairy Kim Bok-joo OST Part.5

2. "How Would It Be?" Strong Woman Do Bong-soon OST Part.3

3. "Map of Heart" Man to Man OST Part.7

******

DILARANG KERAS COPAS! SERTAKAN FULL-CREDIT JIKA INGIN MENGAMBILNYA! XD COPAS SAMA AJA NYOLONG! OK? :)

By: ST. Magfirah Rustam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar